Jumat, 27 Juli 2012

Pengertian Broadband (BB)

 
Pengertian  Broadband adalah suatu service jaringan internet yang dapat menyediakan kebutuhan seperti streaming audio dan video, yang dapatkita saksikan melalui Komputer baik di rumah atau mobile dengannotebook. Maksudnya streaming audio contohnya seperti mendengarkan radio yang dipancarkan tanpa melalui media konvensional seperti saat ini yang sedang kita dengarkan yaitu lewat gelombang radio dimana ada pemancarbroadcasting dan ada radio penerima, yg mana apabila melalui radiokonvensional saat ini ada kekurangannya yaitu hanya dapat menjangkau di suatu lokal daerah tertentu saja umpamanya ada pemancar radio di daerah jabotabek, hanya dapat di terima di daerah jabotabek ini pula, juga tergantung dari daya atau kekuatan pemancar radio tersebut.tetapi bila menggunakan jaringan internet khususnya menggunakan broadband network ini, suatu pemancar radio setempat dapat di dengarkanbahkan ke seluruh dunia, melalui jenis service ini.begitu pula dengan maksudnya streaming video, sama seperti tadi adapemancar TV seperti umpama RCTI, SCTV, dll yg dapat kita saksikanmelalui TV, nantinya akan bisa kita saksikan di komputer atau notebook melalui jaringan Internet broadband network ini.

Lalu pengertian kedua adalah:

Untuk memiliki service broadband network di jaringan internet ini, syaratnya di sisi pemakai atau user harusmemiliki kecepatan jaringan internet yg tinggi dengan minimal kecepatan256Kbps, untuk solusi ini salah satu teknologinya dapat digunakan denganteknik ADSL yaitu yg mempunyai minimal kecepatan 384Kbps - 512 Kbps.

Kemudian pengertian ketiga adalah:

Service broadband network harus dapat mudah di akses di mana dan kapan saja. contohnya Warnet sekarang minimal komputernya harus mendukung multimedia agar dapat mendengarkan suara atau gambar dan mengirimkan suara atau gambar via jaringan yg jgharus di dukung pula dengan kecepatan tinggi, seperti menggunakan teknolgi ADSL ini, atau WiFi dengan kecepatan tinggi yg mobilitasnya tinggi.
kemudian yang terakhir, bila service broadband network ini yang ditawarkan oleh suatu ISP dengan harga yang terjangkau pasti nantinya akan banyak diminati oleh masyarakat banyak yang tadinya gatek IT nantinya akan ikutan untuk tidak mau GaTek IT lagi. Ini yg akan melahirkansuatu proses perubahan pandangan dalam menikmati audio visual dari mediakonvensional ke media digital.

Jadi Broadband network ini akan mencakup perubahan sosial nantinya? Iya bisa jadi, akan terjadi olah informasi suatu proses budaya karenainformasi audio visual ini datangnya sudah bukan dari muatan lokal lagi, tapi sudah go International yg dapat menyatukan pandangan secara global.disinilah di perlukan filter diri sendiri personal yang teguh dan kuatuntuk dapat memproteksi dari hal-hal yang tidak baik secara budaya dan agamakita.

Kalau untuk pengertian secara teknisnya kira-kira broadband network ituapa & bagaimana sih? Dari sudut pandang teknis pengertian Broadband network itu adalah,suatu saluran atau channel komunikasi data yang mendukung frekuensipita lebar (maksudnya BroadBand) sehingga dapat memuluskan jalannyadata audio & video agar tidak terputus-putus penyampainnya sampai ke PC/notebook kita. Sangat berbeda dengan saluran komunikasi datapita sempit atau narrowband yg sering kita pakai dengan perumpamaan suatu koneksi ke Internet melalui saluran telpon yg hanya mempunyai kecepatan koneksi terrendah ke internet dengan modem Dial-Upsebesar 56 Kbps.Ada beberapa macam pendapat teknis mengenai pengertian Broadband ini, yaitu:- Menurut Newton's Telecom Dictionary, mengatakan: "...greater than a voice grade line of 3 KHz...some say [it should be at least] 20 KHz

1 komentar

Chandra 14 Maret 2018 pukul 17.33

makasih informasinya

Posting Komentar